Pengertian dari ARPA (RADAR) di Kapal



ARPA ( Automatic Radar Plotting Aid ) DAN RADAR

Sebuah radar maritim dengan Automatic RadarPlotting Aid (ARPA) kemampuan dapat membuat trek menggunakan kontak radar. 

Sistem ini dapat menghitung saja tracking, kecepatan dan titik terdekat pendekatan (CPA), sehingga tahu jika ada bahaya tabrakan dengan kapal lain atau daratan.Pengembangan ARPA dimulai setelah kecelakaan ketika kapal SS Italia Andrea Doria bertabrakan dalam kabut tebal dan tenggelam di lepas pantai timur Amerika Serikat. 

Pelaut-indonesia.com

radar ARPA mulai muncul di tahun 1960 dan, dengan perkembangan mikroelektronika. The ARPA yang tersedia secara komersial pertama disampaikan kepada kapal kargo MV Taimyr pada tahun 1969 dan diproduksi oleh Norcontrol, sekarang menjadi bagian dari Kongsberg Maritim. ARPA-radar diaktifkan sekarang tersedia bahkan untuk yacht kecil.

Radar dan ARPA (Automatic Radar Plotting Aids) adalah sistem standar pada semua kapal komersial dan secara luas digunakan di sektor maritim rekreasi. Edisi baru ini sepenuhnya direvisi mencakup radar lengkap / ARPA instalasi, termasuk AIS (Automatic Identification System) dan ECDIS (Electronic Chart Display & Sistem Informasi). 

Ini berfungsi sebagai yang paling komprehensif dan up-to-date referensi pada peralatan dan teknik untuk pengamat radar menggunakan sistem lama dan baru sama. Cocok untuk digunakan baik sebagai referensi pengguna profesional dan sebagai teks pelatihan, mencakup semua aspek dari radar dan teknologi ARPA, penggunaan dan perannya dalam operasi kapal.

Referensi dibuat sepanjang untuk IMO (International Maritime Organization) Standar Kinerja, peran radar dalam navigasi dan dalam menghindari tabrakan, dan untuk internasional profesional dan amatir laut operasi kualifikasi.


Penggunaan radar sebagai bantuan navigasi primer serta alat keselamatan masih menjadi bagian penting dari Watchkeeping aman. Memahami teori dasar radar dengan teknik merencanakan akan mengarah pada penggunaan yang tepat dari ARPA dan fungsi lainnya. Perkembangan cepat mengintegrasikan radar, ECDIS dan bantuan navigasi lebih lanjut membutuhkan pelatihan permanen.

Ketersediaan mikroprosesor biaya rendah dan perkembangan teknologi komputer tingkat lanjut selama tahun 1970-an dan 1980-an telah memungkinkan untuk menerapkan teknik-teknik komputer untuk meningkatkan sistem komersial RADAR laut. Radar memproduksi menggunakan teknologi ini untuk menciptakan Automatic Radar Plotting Aids. 

ARPAs adalah komputer pengolahan data radar dibantu sistem yang menghasilkan vektor prediksi dan informasi gerakan lainnya kapal.Organisasi Maritim Internasional (IMO) telah menetapkan standar tertentu amandemen Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut persyaratan mengenai tercatat cocok bantu radar otomatis merencanakan. Fungsi utama ARPAs dapat diringkas dalam pernyataan itu ditemukan di bawah Standar Kinerja IMO. 

Ini menyatakan suatu kebutuhan ARPAs ... "dalam rangka meningkatkan taraf menghindari tabrakan di laut: Mengurangi beban kerja pengamat dengan memungkinkan mereka untuk secara otomatis mendapatkan informasi sehingga mereka dapat melakukan juga dengan beberapa sasaran karena mereka dapat secara manual merencanakan. 

tunggal target ". Seperti yang bisa kita lihat dari pernyataan ini keuntungan utama ARPA adalah pengurangan beban kerja personil jembatan dan informasi lebih lengkap dan lebih cepat pada sasaran yang terpilih.

Sebuah ARPA khas memberikan presentasi dari situasi saat ini dan menggunakan teknologi komputer untuk memprediksi situasi masa depan. Sebuah ARPA menilai risiko tabrakan, dan memungkinkan operator untuk melihat manuver yang diusulkan oleh kapal sendiri.

Sementara model yang berbeda dari ARPAs yang tersedia di pasaran, fungsi-fungsi berikut ini biasanya diberikan:

1. gerak Benar atau relatif radar presentasi.

2. Otomatis akuisisi target akuisisi ditambah manual.

3. Digital membaca-out target diakuisisi yang menyediakan kursus, kecepatan, jangkauan, bantalan, titik terdekat pendekatan (CPA, dan waktu untuk BPA (TCPA).

4. Kemampuan untuk menampilkan informasi tabrakan penilaian langsung pada PPI, dengan menggunakan vektor (benar atau relatif) atau Prediksi grafis Luas Bahaya (PAD) layar.

5. Kemampuan untuk melakukan manuver sidang, termasuk perubahan Tentu saja, perubahan kecepatan, dan tentu saja gabungan / perubahan kecepatan.

6. Otomatis stabilisasi tanah untuk keperluan navigasi. ARPA proses informasi radar jauh lebih cepat dari radar konvensional namun masih tunduk pada keterbatasan yang sama. ARPA data hanya seakurat data yang berasal dari input seperti giro dan log kecepatan.

Gambar radar dari raster-scan display sintetis yang dihasilkan di layar televisi dan terdiri dari sejumlah besar garis horizontal yang membentuk pola yang dikenal sebagai suatu raster. 

Jenis layar ini jauh lebih kompleks daripada layar sintetis radial-scan dan membutuhkan sejumlah besar memori. Ada sejumlah keuntungan untuk operator dari tampilan-raster scan dan secara bersamaan ada beberapa kekurangan juga. 

Keuntungan yang paling jelas dari raster-scan layar adalah kecerahan gambar. Hal ini memungkinkan pengamat untuk melihat layar dalam hampir semua kondisi cahaya ambient. Dari semua manfaat yang ditawarkan oleh raster-scan radar inilah kemampuan yang telah meyakinkan keberhasilannya. 

Perbedaan lain antara radial-scan dan raster-scan display adalah bahwa yang kedua memiliki layar persegi panjang. 

Ukuran layar yang ditentukan oleh panjang diagonal dan lebar dan tinggi layar dengan perkiraan rasio 4:3. raster The-scan tabung televisi memiliki kehidupan yang lebih lama daripada sebuah tabung sinar katoda radar tradisional (CRT). 

Meskipun tabung lebih murah atas rekan mereka, kompleksitas dari pengolahan sinyal membuatnya lebih mahal secara keseluruhan.